Penggunaan Media Wattpad dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di Kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal

Layinah, Sahlatul (2023) Penggunaan Media Wattpad dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di Kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712011054-COVER.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712011054-ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 2 PEMBAHASAN)
1712011054-BAB 2 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712011054-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan media wattpad dalam pembelajaran menulis cerita pendek di kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan langkah penggunaan media wattpad dalam pembelajaran menulis cerita pendek. (2) hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal. (3) kendala-kendala yang dialami guru saat menggunakan media wattpad di kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal, sedangkan objek penelitian ini adalah langkah penggunaan media wattpad dalam pembelajaran daring menulis cerita pendek, hasil belajar menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal, dan kendala guru menggunakan media Wattpad dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara dengan menggunakan instrumen pedoman pengamatan, format penilaian, dan pedoman wawancara. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah penggunaan media wattpad dalam pembelajaran daring meliputi tiga proses yaitu, awal pembelajaran diawali dengan memberikan tautan zoom meeting dan menjelaskan Kompetensi Dasar pembelajaran. Penjelasan penggunaan wattpad dijelaskan oleh guru pada inti pembelajaran, dan di akhir pembelajaran, guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat cerita pendek dan diunggah ke wattpad. Hasil belajar siswa dengan menggunakan media wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek, yaitu sebesar 1.723. Apabila dilakukan rata-rata nilai, maka nilai rata-rata siswa menjadi 75 dengan kategori baik. Terdapat empat kendala yang guru alami selama pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi wattpad berlangsung yaitu, (1) kendala guru menguasai teknologi. (2) jaringan internet yang sering terganggu saat pembelajaran. (3) fasilitas yang terbatas dari sekolah. (4) sulitnya guru melakukan penilaian secara objektif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa dalam pembelajaran menulis cerita pendek agar siswa dapat menemukan media baru untuk menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wattpad, cerita pendek, pembelajaran daring
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Sahlatul Layinah
Date Deposited: 24 Oct 2023 00:21
Last Modified: 24 Oct 2023 00:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item