PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK BERBASIS ACTIVE LEARNING MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SDN 5 KEMENUH TAHUN AJARAN 2022/2023

Wirasuta, I Putu Adi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK BERBASIS ACTIVE LEARNING MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SDN 5 KEMENUH TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031127-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031127-ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031127-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031127-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031127-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (543kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031127-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Digital Book berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar yang teruji rancang bangun, kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan subjek 30 siswa kelas V SD Negeri 5 Kemenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun Digital Book berupa software yang didalamnya menampilkan penyampaian materi, video pembelajaran, quiz, dan evaluasi soal. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Digital Book layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,1%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90% ), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (89,2% ), dan (d) hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (94,2% ), (e) hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (91,0% ), (f) hasil uji lapangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,7% ). (3) uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 7,213 untuk dk= 29 dan taraf signifikan 5% ttabel =1,69913 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Digital Book berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Digital Book, Model Active Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Adi Wirasuta
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:10
Last Modified: 24 Oct 2023 05:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17848

Actions (login required)

View Item View Item