Wirasuta, I Putu Adi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BOOK BERBASIS ACTIVE LEARNING MUATAN IPS MATERI LINGKUNGAN SAHABAT KITA UNTUK SISWA KELAS V SDN 5 KEMENUH TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031127-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031127-ABSTRAK.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031127-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (566kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031127-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031127-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031127-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031127-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (592kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031127-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031127-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Digital Book berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar yang teruji rancang bangun, kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan tes. Data penelitian selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif, kuantitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan subjek 30 siswa kelas V SD Negeri 5 Kemenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun Digital Book berupa software yang didalamnya menampilkan penyampaian materi, video pembelajaran, quiz, dan evaluasi soal. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa Digital Book layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,1%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (90% ), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (89,2% ), dan (d) hasil uji perorangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (94,2% ), (e) hasil uji kelompok kecil dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (91,0% ), (f) hasil uji lapangan dari siswa dengan kualifikasi sangat baik (95,7% ). (3) uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung sebesar 7,213 untuk dk= 29 dan taraf signifikan 5% ttabel =1,69913 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Digital Book berbasis Active Learning materi lingkungan sahabat kita pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pengembangan, Digital Book, Model Active Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Putu Adi Wirasuta |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:10 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17848 |
Actions (login required)
View Item |