Suhanda, Faris Deniarrais (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI AUDIO VISUAL BERBASIS MASALAH PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DI RUMAH MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD NEGERI 4 YEHEMBANG KAUH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031099-COVER.pdf Download (317kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031099-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031099-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031099-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031099-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031099-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031099-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031099-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031099-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Media belajar dengan memanfaatkan teknologi digital belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal sehingga siswa menjadi merasa bosan dan kurang antusias menggunakan media belajar yang hanya mengandalkan buku khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Dari permasalahan tersebut perlu untuk dikembangkan media pembelajaran animasi dapat mewadahi siswa lebih aktif dan antusias untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media belajar berupa animasi audio visual berbasis masalah pada subtema kebersamaan di rumah muatan Bahasa Indonesia sekolah dasar. Pengembangan animasi audio visual berbasis masalah ini mengacu pada prosedur yang terdapat pada model ADDIE, yaitu: analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun tahapan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek dalam penelitian ini yaitu animasi audio visual yang dinilai oleh 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 ahli desain, 1 guru dan 12 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah validitas animasi audio visual. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang dilakukan menggunakan rumus persentase. Hasil perolehan persentase dari uji ahli materi, ahli media, ahli desain, responss guru dan siswa secara berurutan sebesar 95,83%, 93,74%, 88,54%, 92,21%, dan 93,74% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan animasi audio visual berbasis masalah ini layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, animasi audio visual, model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Faris Deniarrais Suhanda |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 05:19 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 05:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17856 |
Actions (login required)
View Item |