ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL KASUS OLEH SISWA KELAS XII BB2 SMAN 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Yanthi, Ketut Indira Sukma (2023) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL KASUS OLEH SISWA KELAS XII BB2 SMAN 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912061035-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912061035-ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912061035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912061035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912061035-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan partikel kasus oleh siswa kelas XII BB2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas XII BB2 tidak memperhatikan makna kalimat secara menyeluruh. Hal tersebut sering kali mengakibatkan siswa mengalami kekeliruan maupun kesalahan dalam menjawab soal. Dalam hal ini, sebagian besar siswa tidak hanya melihat partikel yang digunakan saja tetapi mereka juga menjadikan kosakata sebelum partikel sebagai penentunya. Adapun partikel yang paling mendominasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah partikel kasus direktif e dengan persentase kesalahan sebesar 90,20%. Berdasarkan argumentasi siswa, adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penggunaan partikel oleh siswa yaitu karena siswa kesulitan dalam memahami fungsi dan penggunaan dari partikel yang berbeda-beda, sehingga mereka cenderung melihat sebagian makna kalimat yang dipahaminya saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jepang, Partikel Kasus, Siswa SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ketut Indira Sukma Yanthi
Date Deposited: 24 Oct 2023 00:40
Last Modified: 24 Oct 2023 00:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item