ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDENTS’ PERCEPTION OF SMART DEVICES USED AS LEARNING TOOLS AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION

Arie Purnama, I Kade (2023) ENGLISH LANGUAGE EDUCATION STUDENTS’ PERCEPTION OF SMART DEVICES USED AS LEARNING TOOLS AT GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021217-COVER.pdf

Download (249kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021217-ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1)
1712021217-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2)
1712021217-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1712021217-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1712021217-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1712021217-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021217-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021217-LAMPIRAN.pdf

Download (453kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa semester 6 Pendidikan Bahasa Inggris tentang perangkat pintar sebagai perangkat pembelajaran di Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui jenis perangkat pintar yang dimiliki siswa seperti laptop, smartphone dan tablet serta untuk mengetahui apa saja dampak dari perangkat pintar yang dimiliki siswa dan yang terakhir adalah perangkat pintar yang siswa dapat gunakan secara bebas di dalam kelas. Hasil temuan menunjukkan bahwa jumlah kepemilikan perangkat pintar adalah 83% berada pada rata-rata 81% - 100% dan dapat dikategorikan sebagai kualifikasi sangat setuju (strongly agree) yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah memiliki perangkat pintar sendiri dan juga telah menggunakannya untuk kebutuhan belajar mereka. Selanjutnya adalah jenis distraksi, dalam penelitian ini peneliti menemukan ada 3 jenis distraksi yaitu media multitasking, situasi bosan (boredom situation) dan ketergantungan pada perangkat pintar (addiction intensity). Hasil temuan ini ditunjukkan pada angka 57% berada pada rata-rata 41% - 60% dan ini termasuk kualifikasi netral (neutral). Dari temuan yang diperoleh, tidak semua siswa mengalami distraksi dengan adanya perangkat pintar dalam proses pembelajaran. Terakhir, dalam penelitian ini persepsi siswa tentang penggunaan perangkat pintar dimaksudkan agar siswa bisa membedakan penggunaan perangkat pintar berdasarkan fungsinya dan tidak menimbulkan distraksi terhadapnya. Hasil temuan ini ditunjukkan pada angka 69% dan berada pada rata-rata 61% - 80% dikategorikan sebagai kualifikasi setuju (agree). Siswa telah memberikan tanggapannya secara alami dan telah mampu memposisikan penggunaan perangkat pintarnya sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: EFL, Perangkat Pintar, Distraksi Digital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I KADE ARIE PURNAMA
Date Deposited: 24 Oct 2023 00:55
Last Modified: 24 Oct 2023 00:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17874

Actions (login required)

View Item View Item