PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023

Dewi, I Gusti Ayu Mas Shinta (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AIR SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031001-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031001-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031001-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan media audio visual berbasis problem based learning terhadap hasil belajar materi siklus air kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V Gugus III Kecamatan Kediri yang berjumlah 300 orang, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Banjar Anyar yang berjumlah 28 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 6 Banjar Anyar yang berjumlah 22 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif pada kelompok eksperimen memperoleh rentangan nilai posttest dengan kategori tinggi. Selanjutnya analisis statistik deskritif pada kelompok kontrol memperoleh rentangan nilai posttest dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,064 dan untuk nilai ttabel sebesar 2,010. Sehingga, nilai thitung = 2,064 > nilai ttabel = 2,010. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual berbasis problem based learning terhadap hasil belajar materi siklus air kelas V di Gugus III Banjar Anyar Kecamatan Kediri Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, PBL, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Mas Putri Shinta Dewi
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:13
Last Modified: 26 Oct 2023 01:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17879

Actions (login required)

View Item View Item