IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN FLIPBOOK SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEMARAPURA

Wiguna, I Gede Glyky Arika (2023) IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN FLIPBOOK SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041014- COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041014- ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041014- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041014- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041014- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041014- BAB 4- HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041014- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041014- DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (142kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi terhadap hasil belajar kognitif siswa. penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental), menggunakan desain pre-test-post-test control group design. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif berupa 40 soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI Mipa di SMA Negeri 1 Semarapura. Teknik pemilihan sempel menggunakan Simple Rondom Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent samples t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig.= 0,001 yang menunjukan nilai ini kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Semarapura.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Flipped classroom Berbantuan Flipbook, Strategi Konvensional, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I Gede Glyky Arika Wiguna
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:01
Last Modified: 25 Oct 2023 03:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17898

Actions (login required)

View Item View Item