Wiguna, I Gede Glyky Arika (2023) IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN FLIPBOOK SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SEMARAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913041014- COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913041014- ABSTRAK.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041014- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041014- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913041014- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041014- BAB 4- HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041014- BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041014- DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (142kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913041014-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi terhadap hasil belajar kognitif siswa. penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental), menggunakan desain pre-test-post-test control group design. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif berupa 40 soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar kognitif. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI Mipa di SMA Negeri 1 Semarapura. Teknik pemilihan sempel menggunakan Simple Rondom Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent samples t-test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi dengan kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig.= 0,001 yang menunjukan nilai ini kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran flipped classroom berbantuan flipbook sistem ekskresi dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Semarapura.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Flipped classroom Berbantuan Flipbook, Strategi Konvensional, Hasil Belajar Kognitif Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Gede Glyky Arika Wiguna |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 03:01 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 03:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17898 |
Actions (login required)
View Item |