ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 4 BANJARANGKAN PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF

Ayu, Dewa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI 4 BANJARANGKAN PADA MATERI ZAT ADITIF DAN ADIKTIF. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071007-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071007-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071007-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII dan 1 guru IPA SMP Negeri 4 Banjarangkan pada Tahun Ajaran 2023/2024. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA materi zat aditif dan adiktif. Data dikumpulkan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa, sedangkan angket, dan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yeng mempengaruhi literasi sains siswa. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa, dan analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi sains siswa berkisar diantara rendah dan sangat rendah. Sebanyak 85% siswa memiliki kemampuan literasi dalam kategori sangat rendah, dan sebanyak 15% siswa memiliki kemampuan literasi dalam kategori rendah. Kemampuan literasi sains dalam menjelaskan fenomena ilmiah sebesar 43,33%, kemampuan literasi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah 28,33%, dan kemampuan menjelaskan data dan bukti secara ilmiah sebesar 23%. Rata-rata persentase literasi sains pada 3 aspek keterampilan literasi sains yang diukur semuanya <50%; (2) kemampuan literasi sains siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal kemampuan literasi sains yang lebih besar mempengaruhi adalah kebiasaan belajar. Faktor eksternal kemampuan literasi sains siswa lebih besar dipengaruhi oleh fasilitas sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Faktor Literasi sains, Zat Aditif dan Adiktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Dewa Ayu Sulistiani Sugma
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:16
Last Modified: 26 Oct 2023 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item