THE REPRESENTATION OF FIVE CORE VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATION OF JAMES HENRY TROTTER IN ROALD DAHL'S JAMES AND THE GIANT PEACH (2007)

Bonita, Ni Kadek Indra Aprillia (2023) THE REPRESENTATION OF FIVE CORE VALUES OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATION OF JAMES HENRY TROTTER IN ROALD DAHL'S JAMES AND THE GIANT PEACH (2007). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912021063-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912021063-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1912021063-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912021063-LAMPIRAN.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi James Henry Trotter dalam novel James and the Giant Peach karya Roald Dahl (2007). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan flowchart analisis kualitatif oleh Miles et al. (2014). Pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan secara bersamaan hingga mencapai kejenuhan data. Setelah melakukan kegiatan pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan secara simultan, penelitian ini mengungkapkan bahwa tokoh James Henry Trotter dideskripsikan dengan 21 karakterisasi. James Henry Trotter diidentifikasi sebagai karakter yang mudah bergaul, mencintai alam, dan cinta damai. James Henry Trotter juga pemalu dan penurut. Selain itu, ia adalah seorang yang tahan banting, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, spiritual, jeli, percaya diri, ramah, toleran, apresiatif, tekun, skeptis, setia kawan, cerdas, dapat dipercaya, kreatif, kooperatif, dan banyak akal. Nilai religius terwakili dalam karakter James yang cinta alam, cinta damai, patuh terhadap perintah Tuhan, dan spiritualis. Nilai nasionalis direpresentasikan melalui karakter James yang mudah bergaul, ramah, toleran, dan apresiatif. James yang tahan banting, memiliki rasa ingin tahu, jeli, percaya diri, tekun, cerdas,dan kreatif adalah representasi dari nilai kemandirian. Nilai kooperatif direpresentasikan melalui kooperatif dan loyalitas James. Terakhir, nilai integritas diwakili melalui karakter James yang dapat dipercaya dan banyak akal. Representasi lima nilai inti pendidikan karakter dalam penokohan James Henry Trotter menunjukkan bahwa novel James and the Giant Peach (2007) bermanfaat untuk digunakan dalam menanamkan pendidikan karakter kepada anak-anak atau siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakter, karakterisasi, lima nilai dasar, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Kadek Indra Aprillia Bonita
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:02
Last Modified: 25 Oct 2023 06:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item