PENGEMBANGAN MEDIA PENCEGAHAN BULLYING BAGI ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Ayuningthias, Ni Komang Dania (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PENCEGAHAN BULLYING BAGI ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061002-ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru PAUD mengalami kendala dan kesulitan saat mengembangkan media pembelajaran yang tepat saat kegiatan mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan rancang bangun media pencegahan bullying bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Abiansemal (2) mengetahui kelayakan media pencegahan bullying bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Abiansemal, dan (3) mengetahui efektivitas media pencegahan bullying bagi anak usia dini di TK Negeri Pembina Abiansemal. Produk diuji oleh 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain instruksional, 1 ahli media pembelajaran, serta dengan subjek penelitian 3 orang siswa uji coba perorangan, 5 orang siswa uji coba kelompok kecil, dan uji efektivitas menggunakan 19 orang siswa. Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket/kuesioner serta menggunakan angket observasi (non tes). Teknik analisis data yang digunakan anilisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menemukan (1) Rancang bangun media video animasi menggunakan model pengembangan ADDIE dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun 90,90%. (2) Uji kelayakan media video animasi menunjukkan hasil validitas menurut ahli dan subjek penelitian secara berturut-turut sebesar 93,75%, 88,88%, 88,33%, 94,16%, dan 92,5% dengan memiliki kategori baik dan sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. (3) Efektivitas media video animasi berdasarkan hasil uji-t diperoleh hasil bahwa media video pencegahan bullying efektif diterapkan pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Abiansemal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Bullying, Perkembangan Sosial, Media, Animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Komang Dania Ayuningthias
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:55
Last Modified: 26 Oct 2023 01:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18044

Actions (login required)

View Item View Item