Natih, Putu Nivedita Wirapuspa (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X 11 SMA NEGERI 4 SINGARAJA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TIPE CREATIVE DESIGN PROCESS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913011043-COVER.pdf Download (612kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913011043-ABSTRAK.pdf Download (143kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913011043-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perubahan mode belajar daring ke luring menyebabkan siswa di kelas X 11 SMA Negeri 4 Singaraja sulit beradaptasi dan menyebabkan menurunnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa karena mengharuskan siswa menciptakan proyek. Salah satu tipe model pembelajaran PjBL adalah Creative Design Process (CDP) yang membuat siswa berpikir kreatif dalam merancang proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning tipe Creative Design Process. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan praktisi. Penelitian dilakukan melalui beberapa siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I nilai yang diperoleh 3,96 tergolong “tidak kreatif”, pada siklus II nilai yang diperoleh 4,71 tergolong “tidak kreatif”, dan pada siklus III nilai yang diperoleh 8,17 tergolong “kreatif”. Data tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran didapatkan sebanyak 87,5% memberi respon sangat positif, sebanyak 8,33% memberi respon positif, sebanyak 4,17% memberi respon cukup positif, dan 0% memberi respon kurang positif maupun sangat kurang positif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas dari siklus I,II, dan III total skor yang diperoleh selalu meningkat. Peningkatan optimal pada siklus III terjadi karena kendala yang mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat diatasi. Model pembelajaran PjBL tipe CDP mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berada dalam kategori sangat positif dengan rata-rata 64,5.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Creative Design Process, Kemampuan Berpikir Kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Nivedita Wirapuspa Natih |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 07:04 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 07:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18076 |
Actions (login required)
View Item |