Nangraini, Ni Wayan Pina (2020) Hubungan Pengintegrasian Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Sosiologi dengan Persepsi dan Sikap Kemultikulturan Siswa (Studi Kasus: SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1614091001-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1614091001-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614091001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (242kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614091001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1614091001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614091001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1614091001-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Indonesia memiliki masyarakat yang sangat multikultur, sehingga peluang terjadinya konflik sangat besar. Pemerintah salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memperbaiki kurikulum yang didalamnya terdapat pengintegrasian pendidikan multikultural.Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan persepsi siswa, 2) Mendeskripsikan hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan sikap kemultikulturan siswa dan 3) Mendeskripsikan bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mix dan jenis data yang digunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian menunjukan : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan persepsi siswa, 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan sikap kemultikulturan siswa, 3) Bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah dilakukan dengan pengintegrasian pendidikan multikultural di kelas dan di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Multikultural, Persepsi, Sikap Multikultural |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Pina Nangraini |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 10:58 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 10:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1816 |
Actions (login required)
View Item |