Hubungan Pengintegrasian Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Sosiologi dengan Persepsi dan Sikap Kemultikulturan Siswa (Studi Kasus: SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali)

Nangraini, Ni Wayan Pina (2020) Hubungan Pengintegrasian Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Sosiologi dengan Persepsi dan Sikap Kemultikulturan Siswa (Studi Kasus: SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, Bali). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1614091001-COVER.pdf

Download (724kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1614091001-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1614091001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1614091001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1614091001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1614091001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1614091001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1614091001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1614091001-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia memiliki masyarakat yang sangat multikultur, sehingga peluang terjadinya konflik sangat besar. Pemerintah salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memperbaiki kurikulum yang didalamnya terdapat pengintegrasian pendidikan multikultural.Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan persepsi siswa, 2) Mendeskripsikan hubungan pengintegrasian pendidikan multikultural dengan sikap kemultikulturan siswa dan 3) Mendeskripsikan bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode mix dan jenis data yang digunakan data primer dan data skunder. Hasil penelitian menunjukan : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan persepsi siswa, 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengintegrasian pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi dengan sikap kemultikulturan siswa, 3) Bentuk nyata pengintegrasian pendidikan multikultural di sekolah dilakukan dengan pengintegrasian pendidikan multikultural di kelas dan di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Persepsi, Sikap Multikultural
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Ni Wayan Pina Nangraini
Date Deposited: 16 Jul 2020 10:58
Last Modified: 16 Jul 2020 10:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item