PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERKONTEN PROJECT-BASED FLIPPED LEARNING UNTUK PELATIHAN KEPERAWATAN DALAM PENCAPAIAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN SIKAP SPIRITUAL PERAWAT

Sudarmika, Putu (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERKONTEN PROJECT-BASED FLIPPED LEARNING UNTUK PELATIHAN KEPERAWATAN DALAM PENCAPAIAN BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN SIKAP SPIRITUAL PERAWAT. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011017-COVER.pdf

Download (370kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011017-ABSTRAK.pdf

Download (59kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011017-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011017-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011017-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011017-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011017-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011017-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran memegang peranan penting dalam pelatihan keperawatan. Media pembelajaran yang ada saat ini masih sangat abstrak sehingga perlu dilakukan pengembangan media yang layak, efektif dan lebih konkret sehingga memudahkan bagi perawat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengevaluasi kelayakan media pembelajaran berkonten project-based flipped learning pada pelatihan keperawatan, 2) menganalisis perbedaan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan sikap spiritual perawat antara yang berlatih menggunakan media pembelajaran berkonten project-based flipped learning dan yang berlatih dengan media online konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan desain pengembangan menggunakan model Borg and Gall dan desain penelitian sebagai implementasi produk media yang dikembangkan menggunakan desain quasi eksperimen pretest dan post test control group. Teknik analisis data menggunakan multivariat analisis covariat. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes multiple choice yang diperluas, membuat proyek, dan kuesioner sikap spiritual. Instrumen penelitian yang digunakan telah dilakukan uji indeks kesukaran dan indeks daya beda butir soal dan konsistensi internal butir. Hasil uji dinyatakan sebanyak 30 butir tes dinyatakan konsisten dan reliabel untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Tahap pengembangan dilakukan dengan mengembangakan media pembelajaran dalam bentuk elektronik modul dan video pembelajaran yang telah dilakukan validasi oleh 5 ahli media pembelajaran dan 5 ahli isi pembelajaran. Hasil validasi ahli selanjutnya dilakukan uji coba one to one yang melibatkan 3 orang perawat, uji coba kelompok kecil yang melibatkan 9 orang perawat dan bidan, dan ujicoba satu kelas. Hasil implementasi didapatkan skor posttest berpikir kritis, kreatif dan sikap spiritual perawat lebih tinggi dibandingkan dengan skor pretest. Hasil ujicoba didapatkan dalam kategori sangat valid, layak dan efektif sehingga menjadi dasar dalam implementasi dengan melibatkan 2 kelas dalam penyelenggaraan pelatihan, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Hasil pengujian multivariat menunjukkan ada perbedaan hasil berpikir kritis, kreatif dan sikap spiritual antara yang berlatih menggunakan media pembelajaran berkonten project-based flipped learning dengan media online konvensional dalam pelatihan keperawatan. Simpulan penelitian didapatkan yaitu 1) produk media pembelajaran berkonten project-based flipped learning yang layak, efektif, dan memiliki keunggulan sebagai media pembelajara untuk digunakan dalam pelatihan keperawatan, 2) terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis, kreatif dan sikap spiritual antara yang berlatih menggunakan media pembelajaran berkonten project-based flipped learning dengan online konvensional. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa media pembelajaran berkonten project-based flipped learning berpengaruh lebih tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan sikap spiritual perawat. Rekomendasi kami berikan kepada fasilitator pelatihan dan institusi pelatihan untuk mengggunakan media pembelajaran berkonten project-based flipped learning yang telah dikembangkan dalam pelatihan keperawatan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: project-based flipped1, berpikir kritis2, kreatif3, sikap spiritual4
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Putu Sudarmika
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:33
Last Modified: 27 Oct 2023 01:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18209

Actions (login required)

View Item View Item