PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Loukika, Made (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI BERORIENTASI ICT TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SENAM LANTAI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011062-COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011062-ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 1)
1916011062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (362kB)
[img] Text (BAB 2)
1916011062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1916011062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1916011062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1916011062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011062-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada efek model pengajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media pembelajaran senam lantai berbasis ICT TPACK dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK). PBL menekankan pemecahan masalah melalui situasi dunia nyata, dan ICT TPACK mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam pengajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Singaraja, kelas 7, dari Agustus hingga September 2023 menggunakan metode eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari semua peserta didik kelas 7 di SMP Negeri 4 Singaraja, dan sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes tertulis dan penilaian keterampilan yang mencakup aspek pengetahuan dan unjuk kerja dalam senam lantai. Data dikenakan pada persyaratan statistik, termasuk uji normalitas dan homogenitas. Jika data memenuhi kriteria, dilakukan uji Independent Sample T-test untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerima PBL dengan pembelajaran berbantuan ICT TPACK menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menerima pengajaran konvensional. Di harapkan dengan model pembelajaran (PBL) berbantuan Media ICT TPACK dijadikan salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas untuk mengoptimalkan hasil belajar senam lantai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, ICT TPACK, Senam Lantai
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Made Loukika
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:03
Last Modified: 02 Nov 2023 04:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18261

Actions (login required)

View Item View Item