Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Prinsip Dynamic Drawing Pengenalan Kosakata untuk Meningkatkan Pemahaman Berbicara Anak Usia Dini pada Kelompok B TK Negeri Desa Tukadmungga Tahun Ajaran 2022/2023

Widianingsih, Elin (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Menggunakan Prinsip Dynamic Drawing Pengenalan Kosakata untuk Meningkatkan Pemahaman Berbicara Anak Usia Dini pada Kelompok B TK Negeri Desa Tukadmungga Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061036-COVER.pdf

Download (328kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061036-ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan video pembelajaran pengenalan hewan untuk meningkatkan pemahaman bercerita anak usia dini pada kelompok B TK Negeri desa Tukadmungga menggunakan prinsip dynamic drawing. Pengembangan media dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian ini terdiri dari 1 ahli media, 1 ahli materi, 1 guru, dan 5 anak untuk uji kelompok kecil atau uji tingkat kepraktisan, sedangkan objek pengembangannya yaitu validitas dan kepraktisan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan penyebaran instrumen rating scale. Validitas video pembelajaran ditentukan dari hasil uji ahli melalui: (1) uji ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori sangat baik, (2) uji ahli materi pembelajaran diperoleh rata-rata 4,4 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk uji kepraktisan video pembelajaran ditentukan oleh uji coba produk melalui: (1) hasil uji kepraktisan (guru) diperoleh rata-rata 3,9 dengan kategori baik, (2) hasil uji kepraktisan (siswa) diperoleh rata-rata 4,9 dengan kategori sangat baik. Sehingga media video pembelajaran menggunakan model prinsip dynamic drawing efektif untuk meningkatkan pemahaman bercerita anak usia dini pada kelompok B TK Negeri Desa Tukadmungga. Berdasarkan rata-rata validitas, respon praktisi (guru dan siswa) media video pembelajaran berbasis dynamic drawing sudah layak untuk digunakan serta diharapkan siswa dan guru dapat memanfaatkan produk pengembangan video pembelajaran menggunakan prinsip dynamic drawing secara optimal dan penelitian ini dapat memberikan informasi serta referensi bagi peneliti selanjutnya yang mengembangkan produk sejenis. Kata kunci: Video Pembelajaran, Dynamic Drawing, Pemahaman Bercerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran1, Dynamic Drawing2, Pemahaman Bercerita3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Luh Elin Widianingsih
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:56
Last Modified: 01 Feb 2024 02:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item