Gunarianta, Komang (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011046-COVER.pdf Download (570kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011046-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011046-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks biografi pada siswa kelas 10 SMA Negeri 4 Singaraja. Adapun cakupannya: 1. Hasil belajar bahasa indonesia materi teks biografi mengunakan model pembelajaran berbasis aplikasi googel classroom pada siswa kelas 10 SMA Negeri 4 Singaraja, 2. Hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks biografi yang mengunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas 10 SMA Negeri 4 Singaraja, dan 3. Untuk mendeskripsikan antara kedua kelas ada tidaknya perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks biografi. Penelitian ini memakai rancangan eksperimen post-test only control group design. Dalam pengumpulan data memakai metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks biografi kelas eksperimen tinggi, sedangkan kelas kontrolnya rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar berupa ulangan Bahasa Indonesia materi teks biografi, yang menggunakan model pembelajaran berbasis aplikasi googel classroom dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada umumnya ialah hasil dari penelitian penulis. Simpulannya, e-learning memberikan perbedaan positif dari sisi hasil belajar berupa ulangan Bahasa Indonesia materi teks biografi. Adapun saran dalam penelitian ini menjadi salah satu alternatif penggunaan e-learning untuk diterapkan guna menciptakan serta menunjang pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Komang Gunarianta |
Date Deposited: | 17 Jul 2020 05:15 |
Last Modified: | 17 Jul 2020 05:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1845 |
Actions (login required)
View Item |