Mardaragawan, I Made Leo (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRADISI NGEREBONG MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI LINGKUNGAN SEKITAR MUATAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 5 PENATIH, DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031089-COVER.pdf Download (982kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031089-ABSTRAK.pdf Download (808kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (599kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (918kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031089-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031089-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tradisi Ngerebong materi keragaman budaya di lingkungan sekitar. (2) mengetahui kualitas video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tradisi Ngerebong materi keragaman budaya di lingkungan sekitar yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil. (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tradisi Ngerebong materi keragaman budaya di lingkungan sekitar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa, kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (sangat baik). (2) Kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 100% (sangat baik), uji ahli desain instrusional sebesar 90,62% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 93,33% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,77% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t_hitung sebesar -28,33. Kemudian harga t_hitung dibandingkan dengan harga t_tabel. Harga t_tabel untuk db 29 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,699. Hal ini berarti t_hitung > t_tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal Tradisi Ngerebong efektif digunakan pada materi keragaman budaya di lingkungan sekitar muatan Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Penatih, Denpasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Kearifan Lokal Tradisi Ngerebong, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I MADE LEO MARDARAGAWAN |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:02 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18518 |
Actions (login required)
View Item |