Purniawati, Ni Ketut Sri (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI NAMA DAN LAMBANG BILANGAN PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 1 PEJENG KAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031210-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031210-ABSTRAK.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031210-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (384kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031210-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031210-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031210-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031210-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031210-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031210-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan pada muatan matematika, (2) mengetahui kelayakan pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan pada muatan matematika, (3) mengetahui efektivitas pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual materi nama dan lambang bilangan pada muatan matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini yaitu (1) rancang bangun penelitian menggunakan berupa flowchard, story board, diagaram alir dengan model pengembangan ADDIE, (2) multimedia interaktif dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 95,00% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli desain intruksional sebesar 92,50%dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 89,61% dengan kualifikasi baik, (3) Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus uji-t sample dependent diperoleh thitung = 9,963 yang selanjutnya dibandingkan dengan taraf signifikasi 5% dengan dk = n - 1 = 25 - 1 = 24 diperoleh nilai ttabel = 1,711 . Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual efektif diterapkan pada materi nama dan lambang bilangan di kelas III SD Negeri 1 Pejeng Kaja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : pengembangan, multimedia interaktif, kontekstual, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KETUT SRI PURNIAWATI |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:15 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18530 |
Actions (login required)
View Item |