Pradnyani, Ni Kadek Sri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI BERBASIS KEARIFAN LOKAL MUATAN MATEMATIKA MATERI SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DAJAN PEKEN TABANAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031167-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031167-ABSTRAK.pdf Download (792kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (613kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031167-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031167-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (641kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031167-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan permainan monopoli. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tiga puluh enam siswa kelas IV SD Negeri 1 Dajan Peken. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, teknik analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasilnya media permainan monopoli matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari ahli materi 95,45%, ahli desain pembelajaran 91,66%, ahli media pembelajaran 91,66%, uji perorangan 98,33%, uji kelompok kecil 99,16% dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh t_hitung sebesar 16,5903 untuk dk = 35 dan taraf signifikan 5% t_tabel=1,690 sehingga H_0 yang berbunyi hasil post-test siswa kurang dari atau sama dengan KKTP ditolak dan H_a yang berbunyi Hasil post-tes siswa lebih dari nilai KKTP diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan media permainan monopoli Matematika berbasis kearifan lokal pada muatan materi segi empat efektif untuk diterapkan di kelas IV SD Negeri 1 Dajan Peken.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan,Permainan Monopoli, Berbasis Kearifan Lokal, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK SRI PRADNYANI |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 07:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18588 |
Actions (login required)
View Item |