PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERNUANSA DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Sari, Made Nirmala Karunika (2024) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERNUANSA DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031049_COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031049_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031049_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031049_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031049_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031049_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2011031049_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031049_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031049_LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran melalui pengalaman langsung. Namun sayangnya kegiatan seperti praktikum yang bisa meningkatkan keterampilan proses sains belum dilakukan secara optimal. Kegiatan praktikum tidak dilengkapi dengan petunjuk praktikum yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk mengembangkan petunjuk praktikum bernuansa diferensiasi konten untuk mempermudah kegiatan praktikum. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebarluasan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Petunjuk praktikum yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas sebagai media penunjang kegiatan praktikum. Hasil uji menunjukkan bahwa petunjuk praktikum bernuansa diferensiasi konten layak dan praktis digunakan saat praktikum. Petunjuk praktikum efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan praktikum. Kata Kunci: Petunjuk Praktikum, Diferensiasi Konten, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Petunjuk Praktikum, Diferensiasi Konten, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Nirmala Karunika Sari
Date Deposited: 13 Feb 2024 08:11
Last Modified: 13 Feb 2024 08:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18594

Actions (login required)

View Item View Item