Sari, Made Nirmala Karunika (2024) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERNUANSA DIFERENSIASI KONTEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031049_COVER.pdf Download (510kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031049_ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031049_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031049_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031049_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031049_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2011031049_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031049_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031049_LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa agar mampu mencapai tujuan pembelajaran melalui pengalaman langsung. Namun sayangnya kegiatan seperti praktikum yang bisa meningkatkan keterampilan proses sains belum dilakukan secara optimal. Kegiatan praktikum tidak dilengkapi dengan petunjuk praktikum yang mengakomodasi gaya belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirasa perlu untuk mengembangkan petunjuk praktikum bernuansa diferensiasi konten untuk mempermudah kegiatan praktikum. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebarluasan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Petunjuk praktikum yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas sebagai media penunjang kegiatan praktikum. Hasil uji menunjukkan bahwa petunjuk praktikum bernuansa diferensiasi konten layak dan praktis digunakan saat praktikum. Petunjuk praktikum efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan praktikum. Kata Kunci: Petunjuk Praktikum, Diferensiasi Konten, Keterampilan Proses Sains
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Petunjuk Praktikum, Diferensiasi Konten, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Nirmala Karunika Sari |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 08:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 08:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18594 |
Actions (login required)
View Item |