Anggraini, Vita Octavia (2024) SEJARAH VIHARA SAMYAG DRESTI DI DESA PENGLATAN, BULELENG, BALI: LATAR BELAKANG, STRUKTUR, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814021019-COVER.pdf Download (338kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814021019-ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814021019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814021019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814021019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814021019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814021019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814021019-LAMPIRAN.pdf Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Latar belakang berdirinya Vihara Samyag Dresti di Desa Penglatan, Buleleng, Bali. (2) Struktur bangunan Vihara Samyag Dresti di Desa Penglatan, Buleleng, Bali. (3) Aspek-aspek dari Vihara Samyag Dresti di Desa Penglatan, Buleleng, Bali yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatif meliputi: (1) Heuristik: teknik observasi, wawancara, studi dokumen. (2) Kritik sumber (3) Interpretasi (4) Historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Latar belakang berdirinya Vihara Samyag Dresti dimulai dari guru yang bernama Ketut Sri Madya yang mempelajari kesusilaan yang bersumber dari ajaran agama Buddha. Ketut Sri Madya dikenal sakti dari tiga desa yaitu Petandakan, Alasangker dan Penglatan sehingga dari tiga desa tersebut juga ikut dalam ajaran agama Buddha. Dalam melakukan kebaktian umat Buddha melakukan di desa Petandakan dan Banjar. Setelah beberapa tahun Vihara Samyag Dresti dibangun dan menjadi tempat kebaktian umat Buddha di desa Penglatan. (2) Struktur bangunan Vihara Samyag Dresti berarsitektur lokal dengan ciri khas bangunan candi dan stupa yang merupakan simbol dari Agama Buddha. (3) Aspek-aspek yang bisa dikembangkan sebagai sumber belajar sejarah di SMA yaitu: (1) Aspek sejarah, (2) Aspek spiritual, (3) Aspek sosial, (4) Aspek pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desa Pengtlatan, Struktur, Sumber Belajar Sejarah, Vihara Samyag Dresti |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Vita Octavia Anggraini |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 00:12 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 00:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18630 |
Actions (login required)
View Item |