Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024

Sattvika, Gede Arta (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031126-COVER.pdf

Download (476kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031126-ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031126-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031126-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031126-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031126-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031126-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031126-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031126-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dari hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di sekolah ditemukan bahwa hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024 rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 186 siswa, penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, dan kelas eksperimen dan kontrol akan diberikan pretest kemudian disetarakan dengan uji anava. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, yakni tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua yakni analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Diketahui nilai thitung sebesar 24,448 lebih besar dari ttabel sebesar 1.681, nilai ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun ajaran 2023/2024. Implikasi dari penelitian ini secara praktis dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, media mind mapping, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gede Arta Sattvika
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:31
Last Modified: 15 Feb 2024 08:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18632

Actions (login required)

View Item View Item