Ningrum, Luh Gede Surya (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATA KULIAH KULINER EROPA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915081035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915081035-ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915081035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915081035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915081035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915081035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915081035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915081035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915081035-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat menjadi landasan penting dalam penelitian ini. Dengan memanfaatkan PowerPoint interaktif sebagai media pembelajaran, penelitian ini memberikan penekanan pada bagaimana penggunaan media interaktif dapat secara efektif memfasilitasi proses pembelajaran yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint interaktif untuk Mata Kuliah Kuliner Eropa dengan fokus utama pada materi Main Course pada Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model 4D, yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data dari berbagai pihak terkait, termasuk ahli dan mahasiswa di bidang Pendidikan Vokasional Seni Kuliner di Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran PowerPoint yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli materi, ahli desain, ahli media, dan mahasiswa. Penelitian ini menggambarkan kecocokan media tersebut dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti keefektifan media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam konteks pembelajaran. Selain itu, dengan memanfaatkan media interaktif, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan PowerPoint interaktif sebagai alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan memfasilitasi proses pemahaman pada materi Main Course yang diajarkan. Sehingga, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media memengaruhi kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, kuliner Eropa, PowerPoint interaktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Surya Ningrum |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 14:37 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 14:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18639 |
Actions (login required)
View Item |