Kusumayoni, Made Dwi Weda (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD NEGERI 1 ASTINA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031302-COVER.pdf Download (447kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031302-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENTUP)
2011031302-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031302-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Beberapa tantangan dalam bidang pendidikan, seperti integrasi teknologi yang kurang, kurangnya pengembangan media, dan keterbatasan dalam model pembelajaran, menjadi fokus yang harus diatasi. Pemenuhan kebutuhan dasar siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran juga menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, pengembangan video pembelajaran yang mengadopsi pendekatan saintifik untuk menjelaskan materi sistem pencernaan manusia diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk merancang dan mengevaluasi video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik tentang sistem pencernaan manusia untuk siswa kelas V di SD Negeri 1 Astina. Partisipan penelitian terdiri dari guru kelas V SD Negeri 1 Astina dan sembilan siswa dari kelas tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi) karena memberikan langkah-langkah yang terstruktur. Data dikumpulkan melalui kuesioner/angket, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mencakup pembuatan produk berupa video pembelajaran, yang melibatkan tahap analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Hasil uji coba produk melibatkan penilaian dari ahli isi pelajaran (96%, sangat baik), penilaian desain pembelajaran (94%, sangat baik), penilaian ahli media pembelajaran (96%, sangat baik), uji coba oleh guru (89%, sangat praktis), dan uji coba kelompok kecil (99,5%, sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan manusia dianggap layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Dwi Weda Kusumayoni |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 08:45 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 08:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18659 |
Actions (login required)
View Item |