Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Masalah Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV SD Negeri 9 Sesetan

Dewi, I Gusti Ayu Diantari Pradnya (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis Masalah Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV SD Negeri 9 Sesetan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031011-COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031011-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031011-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun produk bahan ajar E-Modul berbasis Masalah dan mengetahui kualitas E-Modul menurut penilaian para ahli, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. (1) Berdasarkan rancang bangun, penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. (2) Berdasarkan hasil penilaian produk menurut ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 98% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan pada 3 orang siswa memperoleh skor 96,60% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil pada 9 orang siswa memperoleh skor 92,20% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Berdasarkan uji efektivitas menggunakan 30 siswa memperoleh hasil thitung = 13,44 untuk db 29 dan taraf signifikansi 5% = 2,045. Hal ini berarti thitung > ttabel, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test siswa pada kompetensi pengetahuan IPAS sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran E-Modul berbasis Masalah pada pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Modul berbasis Masalah efektif untuk diterapkan pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD. Implikasi pemanfaatan E-Modul sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), Smartphone/Laptop, LDC/Proyektor, serta keterampilan guru maupun siswa untuk mengakses media E-Modul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Diantari Pradnya Dewi
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:12
Last Modified: 16 Feb 2024 00:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18669

Actions (login required)

View Item View Item