Julianti, Ni Kadek Dita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS VIRTUAL BOOK PADA MUATAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031034-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031034-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (393kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031034-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan melakukan pengembangan media komik berbasis virtual book pada muatan IPAS, mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektivan media komik berbasis virtual book pada muatan IPAS terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini berpedoman pada model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis ( analysis), tahap desain (desain), tahap pengembangan (develovment) tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi ( evaluation). Subjek penelitian diantaranya ahli materi, ahli media, serta siswa. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner berupa rating scale skala lima yang diberikan kepada subjek uji coba. Hasil yang didapatkan yaitu (1) penilaian dari ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 0,96875 dengan kualifikasi sangat tinggi, (2) penilaian dari ahli media pembelajaran dengan perolehan nilai sebesar 0,941667 dengan kualifikasi sangat tinggi, (3) memperoleh hasil penilaian dari siswa sebesar 97,39% dengan kualifikasi sangat tinggi, (4) memperoleh hasil signifikansi (2-tailed) diperoleh hasil 0,000<0,005 maka h0 ditolak dan ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa komik berbasis virtual book pada muatan IPAS dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: kemandirian, komik, pengembangan, virtual book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dita Julianti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 00:31 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 00:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18687 |
Actions (login required)
View Item |