PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG

Yani, Ni Made Indhi (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031165-COVER.pdf

Download (517kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031165-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031165-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031165-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031165-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031165-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dan rancangan yang digunakan Non-Equivalent Post-test Only Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V Gugus II Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari sembilan sekolah dengan jumlah siswa 286 orang dijadikan sebagai populasi penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling jenis Simple Random Sampling, dengan mengacak kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel kelas V A SD Negeri 1 Baktiseraga sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas V SD Negeri 1 Banjar Tegal sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data kemampuan berpikir reflektif matematika siswa adalah tes uraian dengan jumlah 5 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu Uji-T. Hasil penelitian diperoleh thitung = 7,186 dan ttabel = 1,671 yang menunjukan bahwa thitung (7,186) > ttabel (1,671) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran metakognitif berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir reflektif matematika siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Buleleng

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran metakognitif1, video animasi2, berpikir reflektif matematika3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Indhi Yani
Date Deposited: 16 Feb 2024 00:41
Last Modified: 16 Feb 2024 00:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item View Item