Laksana, I Made Kerisna (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA INLISLITE PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DENPASAR DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091025-COVER.pdf Download (366kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091025-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091025-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar telah menerapkan layanan otomatisasi bernama INLISLite untuk pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Meskipun demikian, terdapat kendala terkait tingkat kepuasan pengguna yang belum teridentifikasi. Penelitian ini menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS), fokus pada lima variabel kepuasan: isi (content), akurasi (accuracy), tampilan (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). Populasi penelitian melibatkan pegawai admin dan pengguna sistem INLISLite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar. Sampel 109 responden didapat melalui sampling jenuh dan purposive sampling. Skala Likert digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna dengan 24 pertanyaan untuk masing-masing variabel. Hasil analisis data tingkat kepuasan pengguna rata-rata 3,98 dengan kategori puas yang dimasing-masing variabel, yaitu 4,03 untuk content, 3,92 untuk accuracy, 3,93 untuk format, 3,97 untuk timeliness, dan 4,04 untuk ease of use. Dengan diketahui masing-masing variabel EUCS memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir INLISLite. Namun, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap sistem dengan beberapa perbaikan. Rekomendasi perbaikan sistem disusun berdasarkan saran open question untuk variabel content, acuracy, format, timeliness, dan ease of use. Perbaikan dan pengembangan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan kearsipan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | End User Computing Satisfaction (EUCS), INLISLite, Kepuasan Pengguna, Perpustakaan |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | I Made Kerisna Laksana |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 04:27 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 04:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18705 |
Actions (login required)
View Item |