ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA INLISLITE PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DENPASAR DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

Laksana, I Made Kerisna (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA INLISLITE PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA DENPASAR DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915091025-COVER.pdf

Download (366kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091025-ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091025-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar telah menerapkan layanan otomatisasi bernama INLISLite untuk pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Meskipun demikian, terdapat kendala terkait tingkat kepuasan pengguna yang belum teridentifikasi. Penelitian ini menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS), fokus pada lima variabel kepuasan: isi (content), akurasi (accuracy), tampilan (format), kemudahan penggunaan (ease of use), dan ketepatan waktu (timeliness). Populasi penelitian melibatkan pegawai admin dan pengguna sistem INLISLite di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar. Sampel 109 responden didapat melalui sampling jenuh dan purposive sampling. Skala Likert digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna dengan 24 pertanyaan untuk masing-masing variabel. Hasil analisis data tingkat kepuasan pengguna rata-rata 3,98 dengan kategori puas yang dimasing-masing variabel, yaitu 4,03 untuk content, 3,92 untuk accuracy, 3,93 untuk format, 3,97 untuk timeliness, dan 4,04 untuk ease of use. Dengan diketahui masing-masing variabel EUCS memiliki pengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir INLISLite. Namun, perlu dilakukan penyempurnaan terhadap sistem dengan beberapa perbaikan. Rekomendasi perbaikan sistem disusun berdasarkan saran open question untuk variabel content, acuracy, format, timeliness, dan ease of use. Perbaikan dan pengembangan berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan kearsipan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: End User Computing Satisfaction (EUCS), INLISLite, Kepuasan Pengguna, Perpustakaan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: I Made Kerisna Laksana
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:27
Last Modified: 16 Feb 2024 04:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18705

Actions (login required)

View Item View Item