Suchahyani, Ni Putu Ely (2024) PERANCANGAN DESAIN SISTEM INFORMASI BEASISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN USABILITY TESTING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1915091022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091022-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091022-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Aktivitas beasiswa yang dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Singaraja saat ini masih memakai metode konvensional. Penyebaran informasi beasiswa disampikan di kelas atau melalui grup whatsapp, berkas pendaftaran yang harus dicetak dan proses seleksi yang harus membandingkan berkas siswa satu per satu. Berdasarkan masalah tersebut melalui penelitian ini, dilaksanakan perancangan sistem informasi beasiswa (SI Beasiswa) berbasis website untuk mendukung proses aktivitas beasiswa menjadi lebih mudah, praktis dan lebih cepat. Perancangan sistem memakai metode Design Thinking dengan tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Pengujian sistem memakai metode Usability Testing dengan teknik Think Aloud dan Performance Measurement dengan berfokus pada 5 (lima) aspek yaitu efektivitas, efisiensi, learnability, error dan kepuasan. Kuesioner Usability Metric for User Experience (UMUX) juga dipakai untuk mengukur kepuasan. Hasil perbandingan pada pengujian menyimpulkan bahwa untuk aspek efektivitas siswa meningkat 17%, guru 2% dan pegawai meningkat 16%. Aspek efisiensi siswa meningkat 0,14 goals/sec, guru 0,03 goals/sec dan pegawai 0,04 goals/sec. Aspek learnability meningkat pada siswa 15% dan pegawai 2% sedangkan pada guru menurun 5%. Aspek error semua kategori responden menurun menjadi 0 yang menunjukkan bahwa tingkat error yang dilaksanakan menjadi sangat kecil atau tidak adanya kesalahan. Aspek kepuasan meningkat 4 poin sehingga desain SI Beasiswa dikatakan acceptable dengan rating best imaginable dan peringkat A.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SI Beasiswa, Design Thinking, Usability Testing, Performance Measurment, Think Aloud, Kuesioner Usability Metric for User Experience |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ely Suchahyani |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:18 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18711 |
Actions (login required)
View Item |