PERANCANGAN DESAIN SISTEM INFORMASI BEASISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN USABILITY TESTING

Suchahyani, Ni Putu Ely (2024) PERANCANGAN DESAIN SISTEM INFORMASI BEASISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA DENGAN METODE DESIGN THINKING DAN USABILITY TESTING. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1915091022-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091022-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091022-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas beasiswa yang dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Singaraja saat ini masih memakai metode konvensional. Penyebaran informasi beasiswa disampikan di kelas atau melalui grup whatsapp, berkas pendaftaran yang harus dicetak dan proses seleksi yang harus membandingkan berkas siswa satu per satu. Berdasarkan masalah tersebut melalui penelitian ini, dilaksanakan perancangan sistem informasi beasiswa (SI Beasiswa) berbasis website untuk mendukung proses aktivitas beasiswa menjadi lebih mudah, praktis dan lebih cepat. Perancangan sistem memakai metode Design Thinking dengan tahapan Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Pengujian sistem memakai metode Usability Testing dengan teknik Think Aloud dan Performance Measurement dengan berfokus pada 5 (lima) aspek yaitu efektivitas, efisiensi, learnability, error dan kepuasan. Kuesioner Usability Metric for User Experience (UMUX) juga dipakai untuk mengukur kepuasan. Hasil perbandingan pada pengujian menyimpulkan bahwa untuk aspek efektivitas siswa meningkat 17%, guru 2% dan pegawai meningkat 16%. Aspek efisiensi siswa meningkat 0,14 goals/sec, guru 0,03 goals/sec dan pegawai 0,04 goals/sec. Aspek learnability meningkat pada siswa 15% dan pegawai 2% sedangkan pada guru menurun 5%. Aspek error semua kategori responden menurun menjadi 0 yang menunjukkan bahwa tingkat error yang dilaksanakan menjadi sangat kecil atau tidak adanya kesalahan. Aspek kepuasan meningkat 4 poin sehingga desain SI Beasiswa dikatakan acceptable dengan rating best imaginable dan peringkat A.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SI Beasiswa, Design Thinking, Usability Testing, Performance Measurment, Think Aloud, Kuesioner Usability Metric for User Experience
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Ni Putu Ely Suchahyani
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:18
Last Modified: 19 Feb 2024 03:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18711

Actions (login required)

View Item View Item