PENGEMBANGAN PANDUAN ASSESSMENT FOR PROJECT LEARNING BERORIENTASI PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dewi, Luh Nyoman Gita Acyuta (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN ASSESSMENT FOR PROJECT LEARNING BERORIENTASI PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031062-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031062-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (486kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031062-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Berpikir komputasi merupakan kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara menyeluruh, logis, dan teratur. Kurangnya perhatian terhadap asesmen pembelajaran yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir komputasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan assessment for project learning berorientasi phenomenon based learning untuk siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran Matematika dan menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan panduan assessment for project learning berorientasi phenomenon based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli asesmen pembelajaran, praktisi guru, dan siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu kuisioner/angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah hasil validasi oleh ahli asesmen pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat baik, hasil uji kepraktisan oleh guru memperoleh kualifikasi sangat baik, dan hasil uji keefektifan panduan assessment for project learning berorientasi phenomenon based learning menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir komputasi siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan panduan assessment for project learning berorientasi phenomenon based learning. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa panduan assessment for project learning berorientasi phenomenon based learning efektif digunakan karena panduan assessment pembelajaran ini dapat membantu guru dalam melaksanakan asesmen pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi siswa kelas IV sekolah dasar pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Panduan assessmet for learning, Kemampuan berpikir komputasi, Phenomenon based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Nyoman Gita Acyuta Dewi
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:43
Last Modified: 16 Feb 2024 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18722

Actions (login required)

View Item View Item