Febriani, Ni Kadek Riski (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI BERORIENTASI MODEL MAKE A MATCH PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031232-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031232-ABSTRAK.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031232-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran IPA yang berdampak terjadinya miskonsepsi pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun media game edukasi berorientasi model make a match, untuk mendeskripsikan tingkat validitas media game edukasi berorientasi model make a match, dan untuk mendeskripsikan respons guru dan peserta didik terhadap media game edukasi berorientasi model make a match. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, rating scale, dan kuesioner. Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match, sedangkan untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, respons pengguna produk yaitu pendidik (guru) dan siswa di Gugus VIII, Kecamatan Abang, Karangasem. Subjek uji coba penelitian ini, yaitu 9 orang siswa kelas IV SD Negeri 5 Bunutan yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda. Media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match memperoleh tingkat validitas isi sangat valid dengan memperoleh hasil uji validitas isi sebesar 0,9, tingkat validitas media pembelajaran sangat valid dengan memperoleh hasil uji validitas media pembelajaran sebesar 0,8, respons guru terhadap media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match menunjukkan hasil persentase sebesar 97,2%, sehingga dinyatakan sangat baik. Respons siswa terhadap media pembelajaran game edukasi berorientasi model make a match menunjukkan hasil persentase sebesar 94,4% dengan predikat/kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Model Make a Match, Articulate Storyline 3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KADEK RISKI FEBRIANI |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:08 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18726 |
Actions (login required)
View Item |