Putri, Ni Luh Kade Riska Pratami (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I GUSTI NGURAH RAI KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031173-COVER.pdf Download (538kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031173-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031173-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031173-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031173-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031173-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031173-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031173-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031173-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat yakni sebanyak 492 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian sebagai kelompok dan kelas V SD Negeri 3 Padangsambian sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode tes objektif pilihan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen yakni 59 dengan predikat kurang dan rata-rata hasil skor pre-test kelompok kontrol yakni 59 dengan predikat kurang. Rata-rata post-test kelompok eksperimen yakni 78 dengan predikat cukup dan rata-rata post-test kelompok kontrol 74 dengan kategori cukup. Berdasarkan hasil analisis uji-t, diperoleh t-hitung = 2,038 > t-tabel = 2,006 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 52 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis yang telah dijelaskan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pengetahuan IPA, Model SFAE, Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Kade Riska Pratami Putri |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 06:27 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 06:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18742 |
Actions (login required)
View Item |