Pengembangan Skala Coping Stress Akademik Pada SIswa SMA

Shaputra, Putu Febry (2024) Pengembangan Skala Coping Stress Akademik Pada SIswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011037-COVER.pdf

Download (492kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011037-ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1811011037-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1811011037-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1811011037-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011037-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1811011037-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011037-LAMPIRAN.pdf

Download (356kB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan skala coping stress akademik pada siswa SMA, serta melakukan validasi teoretis dan uji validitas dan reliabilitas dari skala yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan melibatkan siswa SMA sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skala coping stress akademik yang dikembangkan memiliki korelasi positif yang lemah dengan angket Distress Anxiety Scale-21 (DAS-21) dengan hasil uji konkuren sebesar 0,179 dengan nilai Ftabel sebesar 0,05 (5%) N = 63 – 1 = 62 didapatkan nilai Ftabel sebesar 1,998 sehingga nilai Fhitung<Ftabel maka hasil angket DAS-21 dengan angket Coping Stress akademik tidak valid. Hasil ini mengindikasikan bahwa tingkat stress akademik yang dialami oleh siswa belum bisa di ungkap secara baik dan mendalam dengan angket DAS-21 sehingga angket Coping Stress akademik agar bisa mengukur dan menggali tingkat serta jenis stress akademik yang dialami oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa angket DAS-21 kurang tepat digunakan untuk mengukur tingkat stress akademik dan jenis – jenis stress akademik yang dialami oleh siswa, menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang mungkin juga mempengaruhi tingkat stres siswa dalam konteks akademik. Korelasi tersebut hanya mencerminkan hubungan linier antara kedua variabel dan tidak menunjukkan adanya hubungan sebab-akibat yang pasti antara keduanya. Dengan adanya skala coping stress akademik yang dikembangkan dan dinyatakan valid, skala ini dapat digunakan untuk mengukur tingkat permasalahan coping stress akademik pada siswa SMA. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman awal mengenai hubungan antara coping stress akademik dan tingkat distres pada siswa, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang mempengaruhi coping stress siswa dalam konteks akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: coping stress akademik, siswa SMA, skala, validitas, reliabilitas, distres
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Putu Febry Shaputra
Date Deposited: 19 Feb 2024 02:40
Last Modified: 19 Feb 2024 02:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item