Sari, Ni Luh Putu Merta Ayuning (2024) KOMPARASI METODE MOORA DAN ARAS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN TOKO JASTIP ONLINE PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915091053-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915091053-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915091053-LAMPIRAN.pdf Download (279kB) |
Abstract
Salah satu budaya yang saat ini sedang populer di masyarakat terutama dikalangan remaja adalah kebudayaan yang berasal dari Korea Selatan yang biasa sebut dengan Korean Wave. Berdasarkan analisis yang dilakukan twitter Indonesia menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbanyak. Ketertarikan penggemar K-Pop tidak hanya sebagai menikmat musik saja namun menggemar juga tertarik akan merchandise yang berkaitan dengan idol favoritnya. Sehingga kini muncul bisnis baru yaitu bisnis jasa titip salah satunya yaitu JasTip merchandise K-Pop. Dibalik kemudahan yang ada pada layanan toko JasTip pembelian merchandise K-Pop, masih terdapat hal negatif yang ditimbulkan dari layanan toko JasTip. Sehingga banyak pertimbangan dari konsumen dalam memilih toko JasTip yang tepat untuk digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut sistem pendukung keputusan (SPK) dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi dalam memilih toko JasTip pembelian merchandise K-Pop yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MOORA dan ARAS. Penelitian ini menggunakan 7 kriteria dan 12 alternatif. menggunakan CRISP-DM sebagai tahapan penelitian yang meliputi pemahaman bisnis (business understanding), pemahaman data (data understanding), persiapan data (data preparation), pemodelan (modelling), evaluasi (evaluation), hingga tahap penyebaran (deployment) dan melakukan pengujian dengan uji sensitivitas dan uji akurasi. Berdasarkan hasil perubahan yang didapat pada uji sensitivitas dengan kriteria yang belum teruji signifikansi metode MOORA mengalami perubahan sebesar 255,10%, sedangkan pada metode ARAS sebesar 126,68%. Hasil perubahan uji sensitivitas yang teruji signifikansi metode MOORA mengalami perubahan sebesar 122,15% dan metode ARAS sebesar 26,29%. Sedangkan hasil uji akurasi pada kriteria yang belum teruji signifikansi pada MOORA memiliki akurasi rata-rata sebesar 61,11% dan pada metode ARAS memiliki akurasi rata-rata 61,11%. Hasil akurasi yang belum teruji signifikansi memiliki hasil rata-rata antara kedua metode sama, sedangkan untuk hasil akurasi pada kriteria yang teruji signifikansi metode MOORA memiliki akurasi rata-rata sebesar 61,91% dan pada metode ARAS memiliki akurasi rata-rata sebesar 64,29%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ARAS, JasTip, MOORA, SPK |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Merta Ayuning Sari |
Date Deposited: | 17 Feb 2024 22:28 |
Last Modified: | 17 Feb 2024 22:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18761 |
Actions (login required)
View Item |