PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPAS SEKOLAH DASAR

Tiana Dewi, Ni Putu (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATH) PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV UNTUK MENINGKATKAN LITERASI IPAS SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031040_COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031040_ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031040_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031040_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031040_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031040_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031040_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031040_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada saat adanya tampak kekurangan pada ketersediaan variasi bahan-bahan ajar, maka kondisi ini akan menimbulkan dampak yang mengarah terhadap literasi yang ada pada para peserta didik. Riset yang diadakan dalam kesempatan ini telah memiliki tujuan guna agar mampu menghasilkan rancang bangun, dipakai melakukan analisis pada aspek kelayakan, aspek kepraktisan, dan juga aspek efektivitas bahan-bahan ajar interaktif terhadap literasi yang ada pada para peserta didik yang ada khususnya di muatan IPAS Kelas IV dijenjang Sekolah Dasar. Metode yang dipakai dalam melakukan pencarian dan juga pengumpulan data ialah melalui kegiatan observasi, wawancara, dan juga penyebaran angket. Bahan-bahan ajar e-modul interaktif yang ada ini, maka dinilai akan mampu memunculkan berbagai macam fitur pembelajaran yang mencakup materi-materi pembelajaran, video pembelajaran, soal-soal untuk latihan, dan juga rangkuman dari materi-materi. Uji kelayakan berhasil mempertoleh hasil dengan angka mencapai 0,94 yang didapatkan dari ahli media dan hasil dengan angka mencapai 0,89 diperoleh dari ahli materi. Untuk uji kepraktisan berhasil mempertoleh hasil dengan angka mencapai 3,96 dari tanggapan atau respon yang diberikan oleh guru dan 3,98 diperolehnya dari para peserta didik. Untuk uji efektivitas berhasil mempertoleh hasil bahwa nilai signifikan (2-tailed) dengan angka mencapai 0,000 (p<0,05). Hasil ini memperlihatkan bahwa telah ditemukan adanya ketidaksamaan dengan secara signifikan dari hasil literasi yang ada sebelum dan sesudah pada saat mempergunakan bahan-bahan ajar interaktif. Dengan ini berhasil disimpulkan bahwa bahan-bahan ajar e-modul interaktif efektif mampu dipergunakan membantu meningkatkan hasil literasi yang diperoleh oleh para peserta didik yang khususnya ada pada muatan IPAS Kelas IV dijenjeng Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Literasi, Muatan IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Tiana Dewi
Date Deposited: 18 Feb 2024 08:37
Last Modified: 18 Feb 2024 08:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18786

Actions (login required)

View Item View Item