PENGEMBANGAN E-MODUL KALKULUS BERBASIS KONSEPSI JENGAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA MAHASISWA

Deviana, - (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KALKULUS BERBASIS KONSEPSI JENGAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU PADA MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011024-ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (454kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011024-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dari e-modul berbasis konsepsi jengah untuk meningkatkan motivasi belajar dan mengembangkan rasa ingin tahu serta mengetahui kualitas e-modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Model Plomp terdiri atas 3 fase yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Sistem Informasi ITB Stikom Bali Tahun Ajaran 2022/2023. Data dalam penelitian ini adalah data validitas e-modul yang diperoleh dari penilaian pakar menggunakan lembar validasi e-modul, data kepraktisan e-modul didasarkan pada keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian respon dari dosen, lembar penilaian respon dari mahasiswa, wawancara terhadap mahasiswa, dan wawancara terhadap dosen. Data keefektifan e-modul diukur dengan tes hasil belajar, motivasi dan karakter rasa ingin tahu diukur dengan angket dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Karakteristik e-modul yang dikembangkan adalah: (1) e-modul memiliki karakteristik mengusung kearifan lokal budaya Bali yaitu konsepsi jengah. Dalam pengaplikasian konsepsi jengah pada e-modul kalkulus ditandai dengan pemberian kalimat motivasi tiap halamannya dan pemberian permasalahan yang menarik guna memotivasi dan meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa, (2) desain e-modul menarik, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dilengkapi video, soal konstektual, Latihan soal, dan kuis (3) e-modul dapat digunakan pada smartphone android sehingga lebih efisien dan mudah digunakan untuk bejar mandiri, (4) e-modul mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa serta mampu mengembangkan rasa ingin tahu. (5) E-modul bersifat interaktif, dilengkapi dengan audia, video, grafik, dan kuis hingga terjadi hubungan dua arah dari e-modul dengan pengguna, mahasiswa dengan dosen. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan berada pada kriteria valid berdasarkan lembar validitas isi, validitas konstruk dan validitas media, dikatakan praktis karena telah mencapai kategori sangat praktis dalam lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar penilaian respon mahasiswa serta lembar penilaian respon dosen, dikatakan efektif karena rata-rata skor tes hasil belajar mahasiswa tergolong kategori sangat baik didukung pula dengan hasil observasi dan wawancara terkait penggunaan e-modul.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: e-modul, kalkulus, konsepsi jengah, motivasi, rasa ingin tahu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Deviana
Date Deposited: 19 Feb 2024 03:37
Last Modified: 19 Feb 2024 03:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18796

Actions (login required)

View Item View Item