Dewi, Kadek Ayu Komala (2024) STUDENTS’ PERCEPTIONS ABOUT GOOD AND EFFECTIVE ENGLISH TEACHERS IN SMA NEGERI 1 TABANAN: A GENDER-BASED STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021030-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021030-ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (881kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021030-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021030-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki persepsi siswa tentang guru bahasa Inggris yang baik dan efektif, dengan fokus pada perbedaan berbasis gender. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Tabanan, penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan Kuesioner Persepsi Peringkat Diri dan Diskusi Kelompok Terarah (FGD) untuk pengumpulan data. Temuan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara siswa perempuan dan laki-laki mengenai karakteristik guru bahasa Inggris yang baik. Sementara siswa laki-laki memprioritaskan guru yang dapat berteman dengan siswa sehingga meningkatkan motivasi, siswa perempuan memprioritaskan guru yang menghargai semua pendapat siswa tanpa diskriminasi. Hal ini menunjukkan bahwa siswa perempuan memprioritaskan inklusivitas dan kesetaraan, sedangkan siswa laki-laki lebih mengedepankan hubungan personal dengan guru. Namun, keduanya memiliki persepsi yang sama tentang guru bahasa Inggris yang efektif. Mereka setuju bahwa guru yang efektif mampu mempersiapkan rencana pelajaran dengan baik, menunjukkan fleksibilitas, dan kemampuan beradaptasi di dalam kelas. Hal ini menunjukkan adanya pemahaman yang sama mengenai pentingnya pengajaran yang terstruktur dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang beragam. Kesimpulannya, meskipun terdapat perbedaan gender dalam persepsi tentang guru bahasa Inggris yang baik, baik siswa laki-laki maupun perempuan sepakat akan pentingnya praktik pengajaran yang efektif untuk hasil pembelajaran yang sukses. Mengenali dan mengatasi perbedaan-perbedaan ini dapat menginformasikan pendekatan pengajaran yang lebih inklusif dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru bahasa Inggris, Guru yang efektif, Guru yang baik, Persepsi, Jenis Kelamin |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Komala Dewi |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:20 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18917 |
Actions (login required)
View Item |