Ratnasari, Diana (2024) STUDENTS’ PERCEPTIONS ABOUT GOOD AND EFFECTIVE ENGLISH TEACHERS IN SMP NEGERI 1 GEROKGAK: A GENDER BASED STUDY. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2012021009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2012021009-ABSTRAK.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2012021009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa terhadap guru bahasa Inggris yang baik dan efektif serta perbedaan persepsi siswa berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Gerokgak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Kuesioner Self-Rank dan Focus Group Discussion (FGD). Hasil data penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan dan siswa laki-laki memiliki perbedaan yang signifikan mengenai karakteristik guru bahasa Inggris yang baik. Mengenai persepsi untuk guru bahasa Inggris yang efektif, siswa perempuan dan laki-laki memiliki persepsi yang sama. Dalam persepsi siswa laki-laki tentang bahasa Inggris yang baik guru adalah guru yang mampu memahami kekurangan dan kelebihan siswa untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran yang tepat, sedangkan siswa perempuan menginginkan guru yang peduli terhadap siswa dalam hal emosionalitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan cenderung membutuhkan pendekatan emosional dibandingkan dengan siswa laki-laki yang membutuhkan aplikasi nyata dalam proses pembelajaran. Untuk guru yang efektif, baik siswa laki-laki maupun perempuan sepakat bahwa guru yang efektif adalah guru yang mampu menyusun rencana pembelajaran dengan baik. Baik siswa Perempuan dan laki-laki percaya bahwa pendekatan yang fleksibel dan mudah beradaptasi sangat penting untuk guru bahasa Inggris yang efektif, karena mereka dapat beradaptasi dengan tantangan yang tidak terduga dan memastikan proses pembelajaran yang sukses bagi siswa laki-laki dan perempuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru bahasa Inggris, Guru yang efektif, guru yang baik, Persepsi, Jenis Kelamin |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Diana Ratnasari |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:21 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18922 |
Actions (login required)
View Item |