Satya Wirayana, Putu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB (GOOGLE SITES) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014031015-COVER.pdf Download (778kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014031015-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2014031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2014031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2014031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2014031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014031015-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif berbasis websites (Google Sites) untuk materi Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia dalam pembelajaran geografi di SMA, (2) menguji efektivitas Media Pembelajaran Interaktif berbasis websites (Google Sites) diimplementasikan untuk materi Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia, dan (3) menganalisis perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan dan tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis websites (Google Sites) dalam pembelajaran geografi di SMA. Berkenaan dengan tujuan tersebut, penelitian ini dirancang sebagai penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi, yang terdiri dari tiga tahap: analisis, desain, dan pengembangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kuantitatif melalui uji validitas media dan uji coba kelompok kecil, uji N-Gain, dan uji inferensial melalui uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji validitas media dari ahli media pembelajaran mendapatkan hasil kriteria "Sangat Baik", (2) uji validitas isi bidang studi dari ahli Biogeografi mendapatkan hasil kriteria "Sangat Baik", (3) uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil kriteria relevan, dan (4) efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis web (Google Sites) mendapatkan tafsiran "Cukup Efektif" dan (5) uji-t diperoleh hasil terdapat perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian yang telah disampaikan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web (Google Sites) dapat terus digunakan dalam pembelajaran geografi dan dari penggunaan media pembelajaran ini akan mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar Siswa, Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites), Pembelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Putu Satya Wirayana |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 05:42 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 05:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18968 |
Actions (login required)
View Item |