IMPROVING LITERACY OF SIXTH GRADE STUDENTS AT SDN 3 BANJAR JAWA BY UTILIZING DIGITAL MULTILINGUAL THEMATIC DICTIONARY

Dewi, Ni Putu Eka Candra (2024) IMPROVING LITERACY OF SIXTH GRADE STUDENTS AT SDN 3 BANJAR JAWA BY UTILIZING DIGITAL MULTILINGUAL THEMATIC DICTIONARY. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2012021071-COVER.pdf

Download (659kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012021071-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021071_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021071_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2012021071_BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021071_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012021071_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012021071_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012021071_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menguji apakah penggunaan Kamus Tematik Multibahasa Digital dapat meningkatkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas enam SDN 3 Banjar Jawa. Desain yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah desain penelitian tindakan Lewin. Teknik purposive sampling digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan materi pembelajaran yang berbeda, yaitu siklus 1 dengan materi alat transportasi dan siklus 2 dengan materi tempat umum. Namun dalam proses belajar mengajar peneliti tetap menggunakan Kamus Tematik Multibahasa Digital pada kedua siklus. Dalam mengumpulkan data hasil penelitian, peneliti menggunakan tes kemampuan literasi yang meliputi soal pre-test dan post-test. Data kuantitatif berupa nilai pre-test dan post-test siswa di setiap siklus dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre-test siswa adalah 55 poin. Kemudian, setelah menggunakan kamus Tematik Multibahasa Digital pada siklus pertama, skor rata-rata pada post-test 1 adalah 82 poin. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 49% dari pretest ke post-test 1. Kemudian, setelah menggunakan kamus Tematik Multibahasa Digital pada siklus kedua, hasil post-test 2 menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 92 poin. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat sebesar 67% dari pre-test ke post-test 2, yang berarti kriteria keberhasilan nilai siswa yang lebih tinggi dari satu siklus ke siklus lainnya telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kamus Tematik Multibahasa Digital dapat meningkatkan kemampuan literasi bahasa siswa kelas enam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan literasi, pembelajar muda, kamus tematik multibahasa digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: NI PUTU EKA CANDRA DEWI
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:44
Last Modified: 21 Feb 2024 01:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18983

Actions (login required)

View Item View Item