PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN

Putri, Kadek Dea Krisna (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL IPS BERMUATAN CERITA RAKYAT BALI BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 7 PEDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031132-COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031132-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031132-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031132-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031132-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kurang bervariasinya pengembangan media pembelajaran dalam meningkatkan minat dan semangat serta pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS bermuatan cerita rakyat Bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III SD. Berdasarkan hal tersebut, sangat diperlukannya media ajar yang interaktif, efektif dan efisien untuk membantu pemahaman siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun media e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III di SD Negeri 7 Pedungan (2) untuk mengetahui kelayakan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III di SD Negeri 7 Pedungan ditinjau dari uji ahli isi pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli Bahasa pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji perorangan dan uji kelompok kecil. (3) untuk mengetahui efektivitas e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III di SD Negeri 7 Pedungan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick and Carey. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yaitu melalui metode tess dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, kuantitati, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. E-modul pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 96,15% dengan kualifikasi sangat baik , uji ahli desain pembelajaran sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik, uji ahli Bahasa pembelajaran sebesar 80% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, dan dikatakan layak (3) Agar dapat mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan dilakukan pengumpulan data melalui posttest. Data posttest dianalisis normalitasnya terlebih dahulu yang dimana berguna untuk menguji data yang diteliti agar memiliki distribusi normal dengan menggunakan uji homogrof dengan rumus uji Kolmogorov Smirnov, rumus ini digunakan karena ada 2 sampel data yakni kelas III A dan kelas III B yang ingin dibandingkan dan juga untuk mengetahui kelayakan distribusi. Setelah kedua data berdistribusi normal dengan menggunakan SPSS, maka dilanjutkan uji homogenitas untuk dapat mengetahui keudua data tersebut homogen. Uji homogenitas diuji untuk menguji perbedaan antara 2 kelompok yakni kelas III A (eksperimen) dan kelas III B (kontrol). Adapun nilai rata-rata kelas IIIa (eksperimen) 80,31 dan IIIb (kontrol) adalah 57,18. Berdasarkan hasil analisis uji efektivitas e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III I SD Negeri 7 Pedungan didapat t hitung 9,145 dan t tabel dengan sig. c 5% didapat 1,670. Ini berarti t hitung > t tabel. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang dipelajarkan dan yang tidak dipelajarkan dengan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas III di SD Negeri 7 Pedungan. Dengan demikian dapat disimpulkan e-modul IPS bermuatan cerita rakyat bali berbasis profil pelajar Pancasila efektif diterapkan pada muatan IPS kelas III di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : E-Modul IPS , Cerita Rakyat Bali, Profil Pelajar Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Dea Krisna Putri
Date Deposited: 21 Feb 2024 01:04
Last Modified: 21 Feb 2024 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19096

Actions (login required)

View Item View Item