PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUTA

Sugiartini, Ni Nyoman Ayu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS IV SD GUGUS II KECAMATAN KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041026-COVER.pdf

Download (668kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041026-ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041026-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041026-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Adapun jenis eksperimen pada penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus II Kecamatan Kuta yaitu 173 orang. Sebanyak 42 siswa dipilih sebagai sampel penelitian diambil dari populasi yang setara, yang ditentukan dengan teknik random sampling. Kelas IV SD No. 2 Seminyak sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SD No. 1 Seminyak sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep IPA dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep IPA dan data sikap ilmiah dikumpulkan dengan kuesioner sikap ilmiah. Uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan, terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (F=44,189; p<0,05), (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F=90,638; p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PjBL dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F=72,283; p<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PjBL, pemahaman konsep IPA, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Sugiartini
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:52
Last Modified: 21 Feb 2024 06:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19099

Actions (login required)

View Item View Item