EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X di SMK PGRI 5 DENPASAR

Kurniawati, Nuning (2024) EFEKTIVITAS KONSELING COGNITIVE BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X di SMK PGRI 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229111004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229111004-ABSTRAK.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229111004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229111004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229111004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229111004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229111004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229111004-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Konseling Kognitif Behavioral Disiplin belajar sangat penting diterapkan, karena sikap disiplin bertujuan agar dapat menjaga dari perilaku yang menyimpang dan hal-hal yang dapat menganggu dalam proses pembelajaran. Potensi peserta didik dapat dilihat dari motivasi belajar yang dimiliki. Memiliki motivasi belajar yang tinggi merupakan sebuah penentu terhadap keberhasilan hasil belajarnya, sebaliknya jika memiliki motivasi yang rendah dapat menyebabkan kurangnya usaha belajar, yang pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang didapatkan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling ( undian ) , dimana kelas sebagai intact group. Random sampling adalah teknik penarikan sampel yang secara sederhana dengan cara random, yang dimaksud sederhana adalah pengambilan sampel langsung pada individu/kasus berdasarkan bilangan random yang lazim ada di buku-buku statistik atau berdasarkan undian (Dantes,2012 ). Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar siswa sebagai hasil penerapan model konseling cognitive behavioral teknik restrukturisasi. Penelitian ini termasuk quasi eksperimen dengan rancangan penelitian “pretest-posttest nonequivalent control group desain”. Pengambilan sample digunakan teknik random sampling yang diperoleh kelas eksperimen yaitu X KL 2 yang diberikan treatment konseling cognitive behavioral teknik restrukturisasi sedangkan kelas X KL 1 sebagai kelompok control tanpa diberikan treatment. Berdasarkan hasil perhitungan distribusi kecendrungan pre-test disiplin belajar dan motivasi belajar dapat disimpulkan bahwa pre-test disiplin belajar dan motivasi belajar cendrung rendah, setelah diberikan Treatment hasil Post-test disiplin belajar dan motivasi belajar menjadi meningkat. Berdasarkan hasil ini dapat dilihat terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-test disiplin belajar dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Konseling Kognitif Behavioral
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LD Individual institutions (United States)
L Education > LE Individual institutions (America except United States)
L Education > LF Individual institutions (Europe)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Nuning kurniawati
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:17
Last Modified: 21 Feb 2024 08:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19126

Actions (login required)

View Item View Item