PENGARUH E-COMMERCE DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA USAHA MELALUI INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM DI KABUPATEN BULELENG

Indrawati, Gusti Ayu Putu Sri (2024) PENGARUH E-COMMERCE DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA USAHA MELALUI INOVASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM DI KABUPATEN BULELENG. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229131035-COVER)
2229131035-Cover.pdf

Download (429kB)
[img] Text (2229131035-ABSTRAK)
2229131035-Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text (2229131035-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229131035-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (188kB)
[img] Text (2229131035-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229131035-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (2229131035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229131035-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (2229131035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229131035-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (2229131035-BAB 5 PENUTUP)
2229131035-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (2229131035-DAFTAR PUSTAKA)
2229131035-Daftar Pustaka.pdf

Download (150kB)
[img] Text (2229131035-LAMPIRAN)
2229131035-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indikator yang digunakan dalam pengujian hipotesis adalah nilai yang terdapatpada output path coefficients dengan menggunakan smartPLS dengan metode bootstrapping terhadap data penelitian. Berikut tabel output estimasi untuk pengujian model struktural. Dimana, P-value sebesar 0,000 dan t-statistik atau t-value sebesar 5,802. Karena p-value <0,05 maka H1 diterima. Jadi e-commerce berpengaruh terhadap inovasi. P-value sebesar 0,000 dan t-statistik atau t-value sebesar 6,670.Karena p-value <0,05 maka H2 diterima. Jadi orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap inovasi. P-value sebesar 0,831 dan t-statistik atau t-value sebesar 0,214. Karena p-value >0,05 maka H3 ditolak. Jadi e-commerce tidak berpengaruh terhadap kinerja usaha. P-value sebesar 0,000 dan t-statistik atau t-value sebesar 3,858. Karena p-value <0,05 maka H4 diterima. Jadi orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. P-value sebesar 0,019 dan t-statistik atau t-value sebesar 2,356. Karena p-value <0,05 maka H5 diterima. Jadi inovasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. P-value <0,05 makaH6 diterima. Jadi e-commerce berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha melalui inovasi sebagai variabel mediasi. Inovasi memberikan pengaruh secara full mediasi dilihat dari data nilai hubungan langsung harga terhadap keputusan pembelian yakni p-value 0,831 sedangkan nilai hubungan secara tidak langsung memiliki p-value sebesar 0,038. P-value <0,05, maka H7 diterima. Jadi orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usaha melalui inovasi sebagai variabel mediasi. Inovasi memberikan pengaruh secara parsial mediasi dilihat dari data nilai hubungan langsung orientasi pasar terhadap kinerja usaha yakni p-value0,000 sedangkan nilai hubungan secara tidak langsung memiliki p-valuesebesar 0,031.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Orientasi Pasar, Inovasi, Kinerja Usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Sri Indrawati
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:02
Last Modified: 22 Feb 2024 03:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19136

Actions (login required)

View Item View Item