PENGEMBANGAN E-BOOK BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT UNTUK SISWA KELAS IV SD

Apriyanti, Luh Gede Eka (2024) PENGEMBANGAN E-BOOK BERORIENTASI LITERASI NUMERASI PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT UNTUK SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041016-COVER.pdf

Download (289kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041016-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041016-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-book berorientasi literasi numerasi pada materi perubahan wujud zat untuk siswa kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji efektivitas adalah siswa kelas IV SDN 1 Tampaksiring yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar, instrumen penelitian berupa lembar kuesioner validitas, lembar kuesioner kepraktisan, dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan paired t test atau uji-t sample dependent, selanjutnya hasil pretest dan posttest dianalisis menggunakan perhitungan N-Gain untuk menguji keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dihasilkan e-book berorientasi literasi numerasi untuk siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Nilai validator ahli isi 1 yaitu 98,07, ahli isi 2 yaitu 98,07 dengan kualifikasi sangat baik, nilai validator ahli media 1 yaitu 100,00, ahli media 2 yaitu 94,23 dengan kualifikasi sangat baik, kepraktisan e-book dari 3 guru dengan nilai rata-rata 98,33 dengan kualifikasi sangat praktis, kepraktisan e-book dari 6 siswa dengan nilai rata-rata 97,92 dengan kualifikasi sangat praktis. Uji hipotesis selanjutnya dilakukan setelah data dinyatakan normal dan homogen. Hasil paired t test dengan Sig. (2-tailed) = 0,001, sehingga dapat disimpulkan bahwa e-book berorientasi literasi numerasi pada materi perubahan wujud zat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Pengujian efektivitas dari e-book menggunakan perhitungan N-Gain dan didapatkan nilai rata-rata N-Gain adalah 0,53. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan e-book berorientasi literasi numerasi cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan wujud zat Kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Book, Literasi Numerasi, Perubahan Wujud Zat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Luh Gede Eka Apriyanti
Date Deposited: 21 Feb 2024 22:12
Last Modified: 21 Feb 2024 22:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19187

Actions (login required)

View Item View Item